Heboh Kantor Desa Mirip Istana Negara, Arsitek Minta Pemerintah Rancang Ketentuan Teknis

Rabu, 28 Jul 2021 05:27:22    Admin Desa
.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah kantor desa dibangun dengan gaya dan model menyerupai Istana Negara Republik Indonesia. Bangunan pemerintah yang diklaim ikonik itu menjadi perhatian dan kerap ramai dikunjungi serta dijadikan sebagai tempat berswa-foto.

Sebut saja Kantor Desa Kemuningsari Kidul, Jember, Jawa Timur. Struktur mirip Istana Negara ini dibangun dengan menghabiskan angaran sebesar Rp 1,8 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari sisa belanja alokasi dana desa, pendapatan desa, bagi hasil pajak, dan swadaya masyarakat. Baca juga: Istana Negara Ada di Desa, Ini Kata Pengamat Tata Kota Menanggapi hal itu, Arsitek dan Ahli Tata Kota Bambang Eryudhawan mengatakan pemerintah mesti turut membuat ketentuan teknis model dan gaya bangunan kantor desa di Indonesia. Menurutnya, kantor desa merupakan bangunan publik, di mana peran dan fungsi utamanya adalah untuk melayani masyarakat.

"Ini kan bangunan publik harusnya ada pengarahan. Misalnya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atau dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), kan desa itu diurusnya sama Kemendagri jadi kasih arahan dong," kata Yudha kepada Kompas.com, Minggu (25/07/2021). Yudha menjelaskan, selain memberikan ketentuan teknis dalam membangun kantor desa, pemerintah pusat juga dapat mengingatkan perangkat desa bahwa anggaran desa tidak boleh dihabiskan hanya untuk pembangunan kantor desa. Dia juga menyarankan agar desain dan model kantor desa tidak mencontek model Istana Negara, melainkan dibuat dengan model arsitektur setempat atau mengadopsi kearifan lokal. "Tapi ya jangan contek Istana Merdeka, itu kan buatan Belanda, kenapa masih kita pakai karena kita belum punya duit buat bikin baru," ujarnya.
 

SHARE

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment